Nikah Muda, Siapa Takut?

Reni02 menjadi anak Niners pertama yang menikah dan sekarang ada gosip beredar kalau ada salah satu cewek Niners yang berniat menuju ke pelaminan. Wah, siapa tuch?

Saat ini semakin banyak pasangan muda yang mantap dengan pilihan mereka untuk menikah muda. Banyak dari generasi muda di kota-kota besar yang berpendapat bahwa menikah di usia muda itu mengasyikan. Tidak sedikit dari mereka yang berpendapat pernikahan bisa menjadi sebuah jalan untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang agama seperti seks pra nikah.

Bagaimana menurut kamu semua? Apakah benar menikah muda itu mengasyikan? Ditunggu komentar2nya.

23 Comments

  1. hehehe…sapa tuh..???wah pd byk ya yg mau nikah muda di jaman skrg ini..

    Mnrt gw mengasikkan..krn di usia kt (20-23 tahun), masa yg penuh dgn gejolak emosi dan nafsu..hehehe…

    wanita pd umumnya menunggu ajakan dr sang pria..jd kunci utama ada di sang pria..dia memutuskan utk melamar seorang gadis, artinya dia sudah menyiapkan segalanya…dan juga dibutuhkan kepercayaan dr sang ratu thd sang raja..

    kl setahu gw, alesan cewe pgn nikah muda rata supaya jarak ibu ke anaknya gak jauh.jd msh bs gaul brg dah…hehehe..

    Alesan lain yg pernah gw dgr dr seseorang, kl kt dah lulus kuliah, trus dpt kerja, trus ad cewe yg udh ckp lama mendampingi kt, apa lg sih yg dicari? mending nikah, sm2 menjalani kehidupan br dr Nol/….cm utk kondisi diatas, dibutuhkan cinta yg sejati n bnr2 dalam dr pasangan…jd you jump I jump intinya..

    krn byk wanita yg awalnya bahagia nikah muda, ngeliat suaminya gak maju2, jenuh hdp susah brg suami, akhirnya cerai deh…

    bagai sebuah logam, ada dua sisi..sisi ada 2, positif negatif…topik diatas jg seperti sisi tsb..gw pribadi jg pgn nikah muda…(awalnya)…tp ketika gw menghadapi dunia luar yg baru (berat, kejam, sungguh luar biasa), gw jd sadar kl gw belum ada apa2nya..kekurangan2 gw terbuka semua..gw mikir ke diri gw, apakah dgn diri gw yg sperti ini gw sanggup menjalani sebuah pernikahan?? apakah gw udh dpt mengayomi istri n keluarga gw nantinya?? yg ada cm kerentanan sebuah pernikahan nantinya..for this situation maybe I’m not a risk taking person..justru yg ada di pikiran gw skrg malah, gmn gw mengupgrade diri gw utk mendukung kehidupan gw yg skrg..

    so utk para lelaki, sudah siapkah kalian utk melamar seorang wanita?? kl kalian siap, n nekat, just do it..tp kl blm, trus kalian cm mengandalkan cinta buta, don’t be foolish men..coz it like a suicide bombing..

    aduh gw pgn speak byk nih..tp gw rasa, gw udh gak nyambung deh speaknya..gak ada garis merahnya gt..heheh.maklum dah ngantuk..

    ya intinya, jgn pikirkan nafsu aja..(khususnya tino), tp jg pikirkan tentang pasangan kt..kl kt bnr2 mencintai dia, menikahinya dgn ketidakmatangan bkn cara yg bnr utk menunjukkan kasih syg kt..tp kl kt bnr2 cinta pasangan kt, pikirkan bahwa kt hrs melakukan yg terbaik buat dia, skrg n nantinya..

    so, my conclusion are: 40% for married soon, & 60% for married later…

  2. Btw fotonya gak ada yg lain tas?? oke bgt sih..bule mana lo foto??hehehe..

  3. hahaha…nikah muda siapa takut?,,tapi yah klo gw seh jujur aja yah,..blum siap klo married muda,..abiz gw masih senang melajang alias jomblo…hehe…,..tapi gw setuju tuh buat pendapat anto klo cowonya belum siap( baik secara fisik,mental dan spritual dan finance juga) mendingan ga usah dipaksain boet nikah,…jangan kebawa nafsu deh,..ama cinta buta alias love is blind,.nah boet cewenya juga harus siap tuh,..jangan kira nikah muda byk enaknya ada ga enaknya juga….enaknya klo anaknya dah gede (kita yg nikah muda,..masih tetep muda dnk…hehehe).ga enaknya yah,..siapkah anda sebagai ibu rumah tangga atau wanita karir yg harus membagi perhatian kepada suami,anak,..belum lagi soal rumah,mertua,etc….wah…pusing2…hehe…gw sih ga takut komitmen,…tapi klo married,,,ehm,…ntar dulu deh,..

    btw,,,,,anto dunia itu memang kejam tapi ada sisi baiknya juga kok hehe…ohy emangnya tino nafsuan ya?..baru tau gw..haha……..😛

  4. Setuju ama Anto dan Marisa. Yang penting pikirin bener-bener kalau mau ke jenjang pernikahan. Tapi kalau sudah merasa siap tidak usah ragu-ragu dan menunggu lama-lama. Hidup memang selalu penuh tantangan tetapi tantangan bukan untuk dihindari tapi dihadapi. Bener kata Anto, jangan cuma mengandalkan cinta buta. Itu sama aja jadi orang yang bodoh. Kalau menurut gue cinta tidak pernah buta tapi manusia lah yang membuta-kan cinta sehingga menghasilkan perilaku yang berlebihan.

    Fotonya gue colong di google to, biasalah. Hehe. Buat Tino: Emang ada rencana nikah?

  5. Anto sial lo !!! Gw hanyalah pengagum keindahan perempuan. Ya keindahan hati, keindahan pemikiran, keindahan pribadi dan keindahan fisik. Mungkin lo cuma sering melihat gw hanya pada saat gw mengagumi keindahan fisik perempuan saja, lo salah besar to !!!

    Mengenai nikah muda gw setuju sama anto. Mungkin sebagian diantara kita memang dikaruniai berkat yang melimpah sehingga secara financial super mapan. Tapi menikah it’s not all about the money. Kita perlu kedewasaan mental dan psikologi juga. Tentunya ukuran kedewasaan mental dan psikologi begitu relatif pada setiap orang.

    Menurut gw seorang perempuan siap secara mental untuk menikah paling tidak minimal berusia 23th, normalnya 25th. Sedangkan untuk pria, baru siap secara mental minimal pada saaat dia berumur 25th, normalnya 27th.

    Btw, it’s just my point of view.

    Jadi, kesimpulannya:
    Buat Eka, Wila, Syarie, Rany, Renie, Marisa, Lina tampaknya kalian memang secara mental siap menikah….mudah2an
    Buat cowoknya kayanya dari qta2 yang siap nikah baru Maman tuch yang siap nikah…..hehehe…v(^_^)

  6. HAHAHA…kasian amat tino jd bahan ceng2an..😛

    Gue setuju ama anto n marisa.. secara gue pribadi awal2nya siyh pgn bgt nikah muda..semangat bgt deyh… malahan yah emang tdnya gue mo nikah taun depan lho..!! hahahaha.. tapiii..berhub. sudah putus.. dan gue nyadar ajah klo gue blom siap bgt yang namanya nikah dalam waktu dekat ini… it was too soon for us to get married… gue terbawa nafsu jg kali yah..hahaha.. bukan nafsu yg kyk tino lho.. tapi nafsu yg lebih liar lagi..hahaha.. bcanda2..

    Jujur ajah yah, gue masih pgn dulu yg namanya nikmatin hidup gue..mumpung masih muda.. puas2in ah.. haha.. tp bukan brarti pas lo nikah gax bisa nikmatin hidup siyh.. tapi maxud gue ituh, tanpa ikatan.. krn klo udah nikah khan hidup lo bukan buat diri lo sendiri lagi tapi hidup buat 2 orang.. Alhamdulillah sapa tau gax lama kemudian jadi nambah 3 org.. (bayi maxud gue..bukan selingkuhan..hahaha) Jadi harus bener2 bgt..

    Tapi buat yg udah berencana nikah dalam waktu deket ini..maju terus pantang mundur..!!😀

    Doain ajah gue nyusul dalam waktu 4-5 taun kedepan.. amiiiin..😉

  7. nikah muda…takutttttt…whahaha..masi banyak impian2 yan mau diraih… perjalanan masi panjang.:D

  8. wah…. Tino, ketauan yach napsuan… Ternyata!!! Dulu ajah ngasih comment ke gw yang menghancurkan image gw (Bleh!)
    Duh, topiknya seru bgt siyh…. KAWIN MUDA??? MAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU……. Secara gitu yach, co gw dah mayan berumur.. Tiap jalan, tiap liat pasangan muda, tiap nonton film yg bercerita ttg pasangan muda, pokoknya tiap waktu pasti dey omongannya gak jauh2 dari pertanyaan.. “Jadi, kapan niyh aku bisa ngelamar kamu????”
    n dalam time planningnya dia bilang dalam waktu 4 thn ke depan gw dah punya anak 3!!!! (2 kembar cewek, 1cowok..)
    Waduh.. pusing dey.. Kalo gw mungkin kebalikan dari temen2 yang beranggapan belum siap secara financial n lain2, untuk yang satu itu Insyaallah co gw bisa dey walopun mesti merangkak juga mengumpulkan pundi2 emas kita untuk anak.. n secara mentally,, yach bisa belajar pelan2lah.Tapi yang paling parah,,, belum ada restu bo!! Wakakakak.. tragis bgt!

  9. Weeits, edan. Udah serius nich jadinya? mantap! Selamat kalo gitu ya. Iyalah belum ada restu secara masih kuliah, lulus dulu lach. Itu paling baik, kalo udah nikah kan repot banyak pikiran. Orang tua juga pasti gak mau ambil resiko buat merestui anaknya yang masih kuliah karena mereka sudah punya harapan yang begitu tinggi.

    But anyway, I’m happy if you think you have found the one. Wishing you the best🙂

  10. Wah.. wah.. seru nih topiknya!
    Gw setuju banget dengan pendapat2 dari kakak kita (anto,marissa,tino and Tasa). Khususnya bwt kaum Adam, sebaiknya harus mempersiapkan segalanya utk menikah, seperti Iman, Mental, rasa tanggung jawab, dan yang penting finance. kita lihat dunia realita aja, everything need money. Ya… minimal kita harus sudah punya job yg OK, rumah, mobil, dan yang terpenting yaitu punya Bisnis yang maju pesat. So, everything will running Smoothly in ur life.

    Vita.. Vita.. Nafsu lw kayaknya ga kebendung.
    Ibarat Gunung udah pengen meletus aja. Btw, Kalo si Vita mo cepet2 kawin, gw tau sebabnya. Kelihatannya lw terlalu banyak mengidentifikasi dan menganalisis “jurus2 Jitu” in order to achieve customer satisfaction. Jadi, intinya adalah bagaimana memuaskan customer,betul Vit?
    Prediksi gw, ntar pasangan lw bakalan puas. Secara.. lw uda expert !
    Mank gmn caranya? Bagi2 Donk. Hehe…

  11. wah2 ada lagi neh perbincangan seru,,,
    nikah muda???? enak gak ya??

    klo gw seh stuju gak stuju deh,,
    bener tuh gw setuju nikah muda biar gw punya anak gak jauh2 umurnya, jadi masih bisa diajak ngemall bareng hehehe

    ya tapi gak mungkin sependek itu seh pikirannya, masih banyak pertimbangan2 lain yang masih harus banyak dipikirkan.. dari masalah sapa cowokny?? (secara ya mpe now gw masih jomblo hehehe)..dah siap mental blum,, bisa bertanggung jawab gak,, n semuanya deh..

    bwat saudara kembarku vita,, tenang bu kita selalu doain kok yang terbaik untuk dirimu🙂
    kita2 dah siap kok wat jadi among tamunya whahahah

    bwat bang dar,, duh2 kok dirimuw sepertinya sudah merasakan ya bagaimana service dari vita??? puas gak??? uuuppssss heheheh peace
    bang dar mana kekasih muw??? katanya tiap malam minggu kencan?? kenalin donks…

    bwat kakakku2,, beneran nih blum ada yang niat lagi untuk married mnyusul reny??
    bukannya syarie dah ngebet bgt ya mo married??? sampe2 ngejambret bunga melati yang ada di sanggulnya reny hehehehe

    sudah ya,,,,
    trima kasih

  12. Hellow… Buat Bang Dar,, maksud muw apa yach??
    Kok jadi ngebahas customer satisfaction??? Mang suami gw customer??? n komentar lo merupakan pertanyaan or pernyataan???

  13. wah2 kok perdebatan seru antara vita n bang dar,,, ada apa ini???🙂

    sudah2 hentikan!!!! jangan ada pertengkaran ya,,,
    ingat kita khan 1 kluarga niners 2004,, ntar klo ada yang musuhin gk jadi deh liburan n seneng2 barengnya,,,,
    sudah ya,,,,

    whahhahaha
    gw ngomong apa seh??? jangan bilang ada yang termakan “fitnahan” gw,,, hayo sapa ngaku???

    tenang niners 04 selalu kompak n solid kok,, gak ada deh yang namanya musuh2an,,, gak jaman kaleeeee
    hareeee geneeeee

    btul khan???

    wweeeeekkkkzzzzzzz

  14. sebelum berpikir untuk menikah kamu harus tahu apa arti pernikahan itu sebenarnya, karna yang gw lihat pernikahan muda sekarang sangat berbeda jauh dari jaman tempo dulu..
    gak tahu jamannya berubah atau orang-orangnya yang berubah..itu masih terus diteliti oleh organisasi pernikahan..
    penelitian ini dikarenakan, sudah banyak perceraian terjadi di indonesia, baik tokoh ternama sampai masyarakat biasa.. kebanyakan pasangan yang melakukan konseling atau yang sudah bercerai mengaku kalau mereka belum mengerti arti pernikahan sebenarnya, bagi mereka pernikahan adalah selain membuat keturunan sekaligus melengkapi hidup menjadi lengkap dan sempurna, lain dari pada itu mereka kagok setelah menjalani pernikahan, menurut responden, pacaran dan pernikahan itu berbeda jauh..
    selain kamu harus memahami kekurangan dan kelebihan pasanganmu, pernikahan itu pun harus didasari rasa hormat, saling menghargai, setia, saling percaya..
    dari 75 % responden yang pernah dan masih menjalani pernikahan, mereka mengaku bahwa cinta hanya bersifat sementara dan cepat atau lambat akan hilang kalau masing-masing pasangan tidak menghormati bahkan tidak menghargai pasangannya..
    dan itu mengakibatkan perselingkuhan, saling membentak, bertengkar, terjadi perang dingin bahkan sampai bercerai..
    baru-baru ini saya menonton progran oprah winfrey di metro tv minggu pagi, mereka juga membahas tentang problem pernikahan, dan kesimpulan saya..
    masing-masing pasangan harus benar-benar siap untuk menjalani pernikahan, dan tidak membawa luka masa lalu (seperti perceraian orang tua, atau mendapat siksaan ferbal dari orang tua, dalam arti tidak dihargai), karna kebanyakan masing-masing pasangan membawa contoh pernikahan itu dari orang tua, atau keluarga terdekat.. hal itu mengakibatkan kamu tanpa sadar menyakiti suami/istri mu dengan saling membentak, menyindir yang berakhir dengan hilangnya rasa cinta dan hormat..
    jka mereka memperlihatkan hal tersebut didepan anak-anak mereka, anak-anak mereka pun akan mencontoh untuk kedepannya.. dan mereka yang mengalami problem tersebut memilih untuk tidak bercerai dikarenakan faktor anak, atau waktu pernikahan mereka yang sudah lama.. yang tidak mereka pikirkan adalah “sampai kapan kau akan menyakiti orang yang kau kasihi, jika problem pernikahan mereka tidak ditindak lanjuti?”
    mungkin itu bukan hal yang harus dipusingkan, tapi ketika kamu menjalankan pernikahan, kau akan mencari pedoman atau contoh penikahan yang pernah kau lihat..
    jadi sebaiknya kau obati dulu luka masa lalu mu dan rasa takut didalam dirimu..

    itu saja opini ku

  15. Halo Uci,

    It’s always nice to read your comment. Anyway, I agree that marriage these days is not considered to be a big deal anymore, and it is a shame. I believe that marriage is a lifetime commitment, the kind of commitment that we make not only to our love partners but more importantly to God.

    People in big cities now see marriage just as a usual thing that they can play with. They get married and then they just get divorced anytime they feel that “love” is not there. And that is so messed up. This situation happens one thing because more and more people just see love as a recreation resort, they find their love patner as a media to have fun and when they can’t find the fun anymore then they will leave their love partners easily.

  16. menikah menghindarkan diri dari 24 macam penyakit hati.
    menikah dapat meberikan ketenangan.
    menikah itu hukum syariat.
    menikah itu karena takut pada tuhan.
    tuhan tidak akan menyiksa hambanya yang berbuat sesuatu demi Dia.
    Menikahlah sekarang juga!

  17. Aq setuju sekali nikah muda,, aq juga mo nikah nih…
    aq masih kul smester 5, umur 20,, calon suami masih kul juga, smester 5 juga,, umurnya 22… Kita nikah kira-kira 1-2 bulan lagi, lamarannya 1,5 bulan yang lalu…

    Jadi mending langsung nikah ja,, dari pada pacaran..

    Cowok JAUH LEBIH GENTLE ngajak cewek NIKAH dari pada PACARAN,, klo pacaran gak da tanggung jawab apa2,, klo nikah,, Ini beda,,,

    Klo cowok bener2 SERIUS dan bener2 CINTA ma kita,, maka dia bakal ngajak kt nikah,, bukan pacaran… Tau sendiri kan ntar pacaran itu kayak gimana??

    Klo da cowok nembak kita n kita pengen tahu tu cowok serius pa gak,, langsung kasih syarat,,
    “Klo abang serius ma sya dan benar2 jatuh cinta ma sya,, abang temuin orang tua sya saja,, lamar sya dan kita langsung nikah…”😀
    klo tu cowok mundur brarti tu cowok gak cinta dengan bener ke kmu…
    Cuman pengen “sesuatu” dari kamu klo aq boleh berprasangka buruk……. cz sebejat2nya cowok pasti dy bakal milih calon istri yang masih murni, belum kesentuh ma laki2 laen… jadi,, persiapkan diri kita wahai para cewek,, untuk menunggu pangeran kita,, Jangan ketipu ma cowok yang pengen manfaatin kita doang……

    Klo dah gak betah pengen pacaran mending langsug nikah saja,,, jadi pacarannya setelah nikah…. kan lumayan jadi terhindar dosa malah dapet pahala.😀

  18. Nikah muda? gak masalah tu, malah setelah aku nikah aku langsung hamil padahal aku dah registrasi tuk msk semester 2 akhirnya aku jalani semester 2ku dlm keaadaan hamil muda.bahkan sampai sekarang aku masih kuliah n anakku udah berumur 2 tahun lho tapi tetap fine n fun aj tuch.

  19. Menikah…
    menurutku tu adalah hal yang paling sakral dalam hidup,,,.

    tapi keputusan ditangan anda,,,
    kalau saya,nikah muda adalah suatu obsesi,karena dengan menikah kita bisa saling memiliki lahir dan batin..
    kita bisa saling mengisi dan melengkapi ;;
    aku pengen nikah muda sweat,,,.

  20. menurut gw nikah muda dk menyeramkan seperti yng d bayangkan kita semua……
    semuanya sedand gw alamni sendiri.
    gw nikah saat usia 20thn, semester 3 d salah satu universitas d bandung.
    selama ini yang gw rasakan hidup gw labih jelas,lebih teratur.
    gw akui suami gw kerja d luar negeri,jd kita ketemu saat liburan kuliah aj/6 bulan sekali.setelah nikah kehidupan gw serasa seperti gadis lagi…tp bedanya kemana2 gw musti laporan samasuami.sekarang ini gw ngerasa enjoy sama status gwsbg ny,walaupun pergaulan gw kebanyakan ama anak2 yang masih single.
    satu hal lagi….biasanya para perempuan takut nikah muda gara2 takut cita2nya terbengkalai n lbh fokus k keluarga.sedikit tips aja…..
    buat yang mau nikah muda coba diskusi ama cln.suami kalau kita pny cita2 n untuk merealisasikannya harus sama2 ngerti.caranya kita ikutan program kb aj.nah…dimana semua yang kita impikan udah mulai terlealisasi/ kita udah siap curahkan semua waktu bwt keluarga,maka d sanalah kita diskusi kembali sama suami

  21. eneng2 aye.

  22. Aku gak setuju nikah di usia muda,kenapa?
    coz,kebanyakan nikah muda itu yang paling repot adalah cewek knp,
    dimana kita masih masa2 bermain/muda kita sudah dibebani oleh semua pekerja sebagai ibu rumah tangga yang sangat merepotkan diantaranya: bangun pagi menyiapkan sarapan utk suamai,bersih2 rumah,cuci pakaian,dll.dan yg pasti jika semua itu gak diselesaikan pasti suami kita bakal marah sama kita.
    jadi saranku buat paraa cewek2 yg masih muda raihlah apa yg kamu inginkan kalau masalah nikah nomor setelah apa yg kamu inginkan tercapai
    key………………………………………………………………..
    salam manisku Keisya

  23. ya______
    kalau gitu ane nukah muda aja lah,,,,,,,
    walaupun ane masih berumur 19 tahun…
    soalnya tanya punya tanya ada juga akhwat yang mau nerima alasan syar’i ini…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

